PENGARUH LATIHAN BEBAN KOMBINASI PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION TERHADAP KEBUGARAN JASMANI IBU RUMAH TANGGA DUSUN BANJARAN DESA TEMPUREJO KECAMATAN TEMPURAN MAGELANG

Ridwan, Ahmad (2016) PENGARUH LATIHAN BEBAN KOMBINASI PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION TERHADAP KEBUGARAN JASMANI IBU RUMAH TANGGA DUSUN BANJARAN DESA TEMPUREJO KECAMATAN TEMPURAN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AHMAD RIDWAN_12603141029.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan mengenai olahraga yang masih kurang menyebabkan seseorang yang tinggal di daerah pedesaan hanya mengetahui jalan dan joging sebagai sarana untuk berolahraga. Padahal banyak sekali variasi olahraga yang dapat dilakukan misalnya latihan beban. Pada kesempatan ini peneliti bermaksud untuk memperkenalkan program latihan beban kombinasi Propioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) kepada ibu rumah tangga Dusun Banjaran Desa Tempurejo Kecamatan Tempuran Magelang. Tujuan peneliti yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan beban kombinasi PNF terhadap kebugaran jasmani ibu rumah tangga Dusun Banjaran Desa Tempurejo Kecamatan Tempuran Magelang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan the one-group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga Dusun Banjaran sebanyak 150 orang, dan subjek penelitian berjumlah 35 orang dan yang masuk kriteria adalah 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kebugaran jasmani dengan menggunakan tes rockport. Analisis data menggunakan uji t (paired sample t test) pada taraf signifikasi 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan beban kombinasi PNF terhadap kebugaran jasmani ibu rumah tangga Dusun Banjaran Desa Tempurejo Kecamatan Tempuran Magelang (P < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Latihan Beban, PNF, Kebugaran Jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39906

Actions (login required)

View Item View Item