LAPORAN INDIVIVU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI NGOTO

ROFIQUL KHASANAH, ROFIQUL KHASANAH (2014) LAPORAN INDIVIVU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI NGOTO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ROFIQUL KHASANAH_11108241037_PGSD_FIP_UNY.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL ini merupakan program praktik pengalaman lapangan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengajar sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan sejak tanggal 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014. Penerjunan mahasiswa PPL dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2014. Adapun tempat praktik untuk PPL adalah SD Negeri Ngoto yang beralamat di jalan Imogiri Barat km 7, Dusun Semail, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Kegiatan PPL memberikan kesempatan mahasiswa untuk menerapkan ilmu, teori, dan keterampilan yang telah didapatkan di perguruan tinggi. Pada dasarnya, PPL yang dilakukan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan PPL, dan evaluasi kegiatn PPl serta tindak lanjutnya. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan observasi yang dilanjutkan dengan pembuatan jadwal mengajar dan pembagian guru pamong atau guru pembimbing. Pada tahap pelaksanaan, praktikkan diwajibkan melakukan praktik mengajar sebanyak 12 kali dengan rincian untuk praktik mengajar terbimbing sebanyak delapan kali (2A, 3B, 2B, 4B, 5B, 5A, 4A, 4A), praktik mengajar mandiri sebanyak dua kali (5B dan 3A), dan praktik ujian mengajar sebanyak dua kali (4B dan 2A). Masing-masing praktik mengajar diharuskan mencakup kelas rendah (kelas 1, 2, 3) dan kelas tinggi (kelas 4, 5, 6). Pelaksanaan praktik mengajar di SD Negeri Ngoto ini menggunakan KTSP untuk kelas 3 dan kelas 6 serta kurikulum 2013 untuk kelas 1, kelas 2, kelas 4, dan kelas 5 sekolah dasar. Kendala yang sering dihadapi dalam kegiatan praktik mengajar adalah metode untuk mengkondisikan siswa dan cara mengetahui pencapaian belajar siswa pada awal mengajar. Hal ini kemudian diselesaikan dengan cara belajar tentang metode untuk mengkondisikan siswa dan sering berkomunikasi dengan wali kelas terkait dengan pencapaian belajar siswa. Kendala lain dalam praktik mengajar ini adalah ketersedian media yang terbatas. Padahal siswa perlu menggunakan media konkrit untuk memahamkan suatu konsep. Solusi dari kendala tersebut adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dan bendabenda di sekitar siswa semaksimal mungkin. Hasil yang diperoleh selama kegiatan PPL ini diharapkan dapat menghayati, mempraktikkan, dan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan serta memberikan kesadaran kepada mahasiswa akan adanya tanggung jawab yang besar sebagai pendidik generasi bangsa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik mengajar, PPL, Sekolah Dasar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39891

Actions (login required)

View Item View Item