LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI NGOTO

NUR SASI ENGGARWATI, NUR SASI ENGGARWATI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI NGOTO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUR SASI ENGGARWATI_11108241031_PGSD_FIP_UNY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dan penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di SD, yang kemudian dapat dipakai sebagai bekal untuk pengetahuan, keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Pengalaman tersebut juga dipakai dalam pengaplikasian ilmu yang telah didapat selama berada di bangku perkuliahan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Sebagai tempat praktik dipilih SD Negeri Ngoto yang beralamat di dusun Semail Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Kegiatan PPL memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari bangku kuliah. Pada dasarnya PPL yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, praktik terbimbing, praktik mandiri, praktik ujian dan juga mengikuti berbagai kegiatan persekolahan. Praktik lapangang dibagi menjadi tiga tahap dimana tahap yang pertama adalah praktik terbimbing sebanyak 8 kali yang terbagi menjadi kelas rendah dan kelas tinggi, selanjutnya yang kedua adalah praktik mandiri yang dilakukan sebanyak 2 kali terdiri dari kelas rendah dan kelas tinggi, dan yang terakhir adalah ujian sebanyak 2 kali di kelas rendah dan kelas tinggi sebagai evaluasi keseluruhan dari pelaksanaan praktik lapangan. Secara keseluruhan pelaksanaan PPL di SD Negeri Ngoto berjalan dengan lancar, namun ada beberapa kendala. Kendala yang sering dihadapi dalam kegiatan praktik adalah kesulitan dalam mengkondisikan siswa. Karakteristik siswa di SD N Ngoto sangat beraneka ragam. Oleh karena itu, praktikan harus menentukan metode yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa agar memudahkan setiap siswa dalam menyerap materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini di harapkan agar mahasiswa mampu menghayati, mempraktikan, dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan bagi calon guru kelas, serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagai pengajar dan pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:33
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39885

Actions (login required)

View Item View Item