Septian, Dwi Nur (2016) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN OSILOSKOP PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN & PERAWATAN PERALATAN ELEKTRONIKA KELAS XII TAV DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6. S1 thesis, UNY.
|
Text
Laporan Skripsi_Dwi Nur Septiawan_14502247009.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN OSILOSKOP PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN & PERAWATAN PERALATAN ELEKTRONIKA KELAS XII TAV DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 Oleh: Dwi Nur Septiawan NIM. 14502247009 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif pengenalan Osiloskop pada mata pelajaran Perbaikan & Perawatan Peralatan Elektronika untuk peserta didik kelas XII Teknik Audio Video di SMK Ma’arif Salam menggunakan software Adobe Flash CS6 (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pengenalan Osiloskop pada mata pelajaran Perbaikan & Perawatan Peralatan Elektronika untuk peserta didik kelas XII Teknik Audio Video di SMK Ma’arif Salam yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Lee dan Owen (2004). Prosedur pengembangan terdiri dari empat tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan dan implementasi (development and implementation) serta evaluasi (evaluation). Pengujian kelayakan media pembelajaran interaktif dilakukan oleh tiga orang ahli materi dan empat orang ahli media, selanjutnya diujicobakan kepada dua puluh delapan peserta didik kelas XII B Teknik Audio Video di SMK Ma’arif Salam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan media pembelajaran telah sesuai dengan rancangan sebagai media pembelajaran interaktif pengenalan Osiloskop. (2) hasil penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif ahli materi 84,1% berkategori sangat layak sedangkan hasil penilaian ahli media 87,8% berkategori sangat layak. Pada tahap penilaian media pembelajaran interaktif peserta didik 82,31% berkategori sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka media pembelajaran interaktif pengenalan Osiloskop yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri peserta didik dan sangat layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada mata pelajaran Perbaikan & Perawatan Peralatan Elektronika. Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Pengenalan Osiloskop, Teknik Audio Video.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 03:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39884 |
Actions (login required)
View Item |