IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK GENDER DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) “CANDI REJO” JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Lailatun Nikmah, Nikmah (2016) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK GENDER DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) “CANDI REJO” JETIS BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Lailatun Nikmah_12102241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) implementasi pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Gender, (2) hasil dari implementasi pemberdayaan perempuan, (3) faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pemberdayaan perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualititatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Subyek dari penelitian ialah anggota kelompok Gender, Ketua Kelompok, Tutor, dan Pengelola PKBM Candi Rejo sekaligus Penyelenggara program Kelompok Gender. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Gender melibatkan Kelompok Gender Bapak dan ibu dengan a) Kegiatan: pembelajaran teori tentang konsep gender, pembelajaran praktek, kegiatan tindak lanjut. b) pelaksanaan kegiatan pemberdayaan perempuan: persiapan, pelaksanaan, evaluasi, keberlanjutan program dan pendampingan. c) Strategi dan tahapan: sosialisasi untuk penyadaran, pembelajaran materi/teori dan pelatihan keterampilan untuk tranformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan, tindak lanjut kegiatan usaha berternak, bertani dan budidaya jamur untuk peningkatan kemampuan intelektual. d) interaksi dalam kelompok berlangsung dengan kekeluargaan, saling mendukung antara laki-laki dan perempuan (2) hasil dari pemberdayaan perempuan ialah kesamaan persepsi gender, perubahan sikap, usaha mandiri keluarga (3) faktor pendukung dan penghambat terdiri dari faktor pendukung dari sisi a) sarana prasarana: fasilitas PKBM, b) pendanaan: hibah pemerintah, dan c) lingkungan sekitar: jarak rumah, waktu dan tempat fleksibel, dukungan pasangan, ilmu dekat kehidupan, dukungan pemerintah setempat. Faktor penghambat dari internal yaitu: kurang kompak, keenganan hadir, kerja. Faktor penghambat eksternal yaitu: faktor anak dan orang tua, waktu, cuaca, dan virus flu burung. Kata kunci: implementasi, kelompok gender, pemberdayaan perempuan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39882

Actions (login required)

View Item View Item