PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU PROSES BUBUT (TURNING) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Mucharom, Sidiq (2016) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU PROSES BUBUT (TURNING) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sidig Mucharom 14503247009.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU PROSES BUBUT (TURNING) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh: Sidiq Mucharom NIM 14503247009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan buku saku untuk mata pelajaran teknologi mekanik dengan materi pokok proses bubut turning) dari aspek isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikaan; (2) mengetahui pendapat siswa sebagai pengguna secara nyata terhadap buku saku bubut (turning); (3) menghasilkan media pengembangan berupa buku saku proses bubut (turning) sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran teknologi mekanik, sehingga dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap development, Buku saku proses bubut dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, 2 (dua) guru mata pelajaran, 5 (lima) siswa sebagai subjek uji coba terbatas, dan 28 siswa sebagai subjek uji coba lapangan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui wawancara dan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dilakukan perhitungan. Hasil penelitian menunjukan lima tahap pengembangan buku saku proses bubut yaitu: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Penilaian kelayakan buku saku proses bubut sebagai penunjang pembelajaran berdasarkan: (1) ahli materi diperoleh rata-rata nilai 3,2 dengan dengan persentase 80% yang termasuk dalam kategori sangat layak; (2) ahli media diperoleh rata-rata nilai 3,4 dengan persentase 85% yang termasuk dalam kategori sangat layak; (3) guru mata pelajaran diperoleh rata-rata nilai 3,8 dengan persentase 95% yang termasuk dalam kategori sangat layak; (4) siswa diperoleh rata-rata nilai 3,48 dengan persentase 87% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian kesimpulannya adalah buku saku proses bubut layak digunakan untuk proses penunjang pembelajaran mandiri bagi siswa. Kata Kunci: buku saku, media pembelajaran proses bubut, ADDIE.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39877

Actions (login required)

View Item View Item