PENGEMBANGAN BROSUR INTERAKTIF “ARyappi” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA IKLAN SMK YAPPI WONOSARI

Arista, Pitra Dana (2016) PENGEMBANGAN BROSUR INTERAKTIF “ARyappi” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA IKLAN SMK YAPPI WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PITRA DANA ARISTA 11520241023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN BROSUR INTERAKTIF “ARyappi” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA IKLAN SMK YAPPI WONOSARI Oleh : Pitra Dana Arista NIM. 11520241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak brosur interaktif “ARyappi” berbasis Augmented Reality yang layak digunakan sebagai media iklan SMK YAPPI Wonosari dan mengetahui hasil analisis kualitas perangkat lunak yang dikembangkan menurut aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability berdasarkan ISO 25010. Penelitian dan pengembangan perangkat lunak menggunakan metode penelitian Research dan Development (R&D) dengan mengacu pada model Waterfall. Pengembangan dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap pengujian perangkat lunak dengan menggunakan ISO 25010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari keempat aspek tersebut antara lain: (1) functional suitability memperoleh nilai 100 % (memenuhi standar kualitas AquA); (2) performance efficiency dalam penggunaan CPU memperoleh rata-rata 4,5% dan penggunaan memori tidak menyebabkan memori leak; (3) compatibility memperoleh nilai 100% (sangat baik); (4) usability memperoleh 81.3% (sangat baik). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat lunak “ARyappi” layak digunakan sebagai media iklan SMK YAPPI Wonosasi. Kata kunci : brosur interaktif, augmented reality, media iklan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39876

Actions (login required)

View Item View Item