EVALUASI PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PROGRAM KEAHLIAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Ihsanudin, Muhammad (2015) EVALUASI PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PROGRAM KEAHLIAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ihsanudin 11501241031.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Ekstrakurikuler. Evaluasi ini terdiri dari: 1. Evaluasi konteks meliputi: (a) hakekat ekstrakurikuler terhadap siswa, guru dan masyarakat; 2. Evaluasi input meliputi: (a) kompetensi guru pembina, (b) materi pembelajaran, (c) penunjang ekstrakurikuler; 3. Evaluasi proses meliputi: (a) keaktifan dan kondisi siswa, (b) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, (c) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler; 4. Evaluasi produk meliputi: (a) perkembangan perilaku siswa, (b) prestasi siswa, (c) bekal siswa dalam dunia kerja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler program keahlian. Subyek penelitian ini sebanyak 30 siswa dan 5 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement. Reliabilitas isntrumen dianalisis dengan menggunakan metode belah dua (split-half) atau disebut dengan formula Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Kegiatan Ekstrakurikuler Program Keahlian di SMK Muhammadiyah Prambanan secara umum dikategorikan baik. Hasil penelitian yang dibagi menjadi empat aspek. Pertama, pada aspek context dikategorikan sangat baik karena ketercapaian mencapai 86,53%. Kedua, pada aspek input dikategorikan baik karena persentase ketercapaian sebesar 81,25% pada kuesioner siswa dan 77,08% pada kuesioner guru. Ketiga, pada aspek process dikategorikan baik karena persentase ketercapaian sebesar 80,15% pada kuesioner siswa dan 77,50% pada kuesioner guru. Keempat, pada aspek product dikategorikan sangat baik karena persentase ketercapaian sebesar 80,41% pada kuesioner siswa dan 86,04% pada kuesioner guru. Kata kunci: ekstrakurikuler, evaluasi, CIPP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39874

Actions (login required)

View Item View Item