PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KUE INDONESIA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Sholihah, Mar'atush (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KUE INDONESIA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SOFTFILE SKRIPSI PDF.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KUE INDONESIA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA Oleh: Mar’atush Sholihah NIM. 12511244007 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap materi kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta, 2) penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang efektif dan efisien terhadap materi kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta, 3) peningkatan kompetensi siswa kelas XI Patiseri terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap materi kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa pada kelas XI Patiseri SMK Negeri 6 Yogyakarta. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, tes pilihan ganda, dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (expert judgment). Uji reliabilitas lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja dan tes pilihan ganda menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap materi kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian dapat terlaksana dengan baik. Perencanaan yang dilakukan adalah pembuatan kelompok belajar dan kelompok ahli, pembuatan RPP dan jobsheet, pembuatan lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan tes pilihan ganda; 2) penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap materi kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus pertama mencapai persentase 75%, pada siklus kedua meningkat menjadi 100%; 3) penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap materi kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 81,4, menjadi 83,5 pada siklus pertama dan 91,2 pada siklus kedua. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pra siklus sebesar 80%, meningkat 3% menjadi 83% pada siklus pertama dan meningkat 17% menjadi 100% pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39871

Actions (login required)

View Item View Item