LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP N 13 MAGELANG

Septi Afifah, Septi Afifah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP N 13 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2. Halaman Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Awal.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa agar dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan danpembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL ini yang dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli sampai dengan 17 September 2014 di SMP N 13 Magelang yang terletak di Jalan Pahlawan No 167, Potrobangsan, Magelang Utara, Magelang. Mahasiswa praktikan memperoleh tugas agar mempersiapkan praktik mengajar di dalam kelas yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu oleh guru pembimbing masing-masing. Guru pembimbing memberikan kesempatan dan kebebasan penuh terhadap mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, penyusunan silabus, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 6 kali tatap muka per minggu selama 4 minggu dengan 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri dari 2 materi. Mahasiswa praktikan mengampu 2 kelas yaitu kelas VIII C dan VIII D dengan Kompetensi Dasar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP N 13 Magelang ini dapat dilaksanakan dengan baik. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa praktikan mendapat pengalaman berharga terkait kegiatan pembelajaran mulai dari persiapan sampai evaluasi. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 13 Magelang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39867

Actions (login required)

View Item View Item