PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI SD N NGOTO Semail Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta

MUHAMMAD CHUSNUL AL FASYI, MUHAMMAD CHUSNUL AL FASYI (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI SD N NGOTO Semail Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD CHUSNUL AL FASYI_11108244079_PGSD_FIP_UNY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan pendidikan di UNY. Program PPL ini bertujuan untuk mempraktikkan ilmu yang didapat di bangku kuliah kepada masyarakat khususnya lingkungan sekolah sebagai sasaran utamanya. Selain itu program PPL juga merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat sekolah dan membantu mengembangkan sekolah yang menunjang proses pembelajaran. Sebelum melaksanaan PPL di sekolah, dilakukan kegiatan observasi sekolah terlebih dahulu. Observasi sekolah ini dilakukan untuk kepentingan perumusan program PPL yang akan dilaksanakan. Selain itu juga adanya kegiatan konsultasi dan bimbingan dengan guru pembimbing sebagai persiapan dalam pelaksanaan PPL. Ada juga kegiatan pembekalan utnuk membekali mahasiswa sebelum terjun ke lapangan (sekolah). Kegiatan PPL ini berlokasi di SD Negeri Ngoto yang terletak di dusun Semail, kelurahan Bangunharjo, kecamatan Sewon, Bantul, DIY. Program PPL ini dimulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa melaksanakan praktik mengajar yang meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2014 sampai dengan 1 September 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 3 dan 6 September 2014. Serta dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali mengajar yaitu pada tanggal 9 dan 10 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri serta ujian praktek meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Ngoto berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Dengan adanya program PPL ini, mahasiswa PPL mendapatkan banyak pengalaman baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun dalam mengatasi permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Pelaksanaan PPL juga telah memberikan bekal kepada mahasiswa calon guru tentang bagaimana menjadi guru yang profesional kelak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:14
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39862

Actions (login required)

View Item View Item