LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 NGAGLIK

Shola Fitria, Shola Fitria (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 NGAGLIK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Shola Fitria.rar

Download (14MB)

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Program PPL SMP Negeri 1 Ngaglik dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 16 September 2014. Namun karena terbentur oleh beberapa hal, maka waktu efektif pengisian layanan bimbingan klasikal mulai tanggal 22 Agustus sampai dengan 6 September 2014. Kelas yang diampu oleh mahasiswa adalah kelas VII C, VII D, VII E, dan VII F total sebanyak 4 kelas. Program PPL, khususnya Prodi Bimbingan dan Konseling ini terdiri dari beberapa program, baik dalam praktik persekolahan maupun praktik Bimbingan dan Konseling di sekolah. Untuk praktik persekolahan meliputi beberapa program, diantaranya: (1) Entri data, dan analisis Sosiometri kelas VII dan VIII, (2) Entri data dan analisis IKMS, (3) Entri data ITP, (4) Penambahan poster, (5) Penambahan 2 materi papan bimbingan, (6) Pengadaaan Instrumen Minat “ATMriasec”, (7) Penambahan bagan (kurikulum 2013 Implementasi 81A, Mekanisme Penanganan siswa bermasalah, Pola 17 plus, Struktur Organisasi) (8) Rekap data siswa asuh VII, VIII, dan IX, (9) Rekap data penerima beasiswa BSM, (10) Rekap data beasiswa berprestasi, dan (11) Membuat peta kerawanan kelas VII. Sedangkan untuk praktik BK di sekolah, meliputi: (1) Bimbingan Klasikal, (2) Konseling Individu, (3) Bimbingan Kelompok, (4) Kolaborasi dengan Guru, dan (5) Layanan Penempatan. Secara umum semua praktik terlaksana dengan lancar. Namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti hambatan teknis dan sebagainya yang akhirnya dapat teratasi dengan baik. Pelaksanaan program PPL BK di SMP Negeri 1 Ngaglik ini mendapat tanggapan positif dari seluruh elemen sekolah. Peningkatan kualitas program PPL ini, baik dari segi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, maupun evaluasi dan tindak lanjut perlu terus dilakukan guna mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik di masa mendatang

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:07
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39857

Actions (login required)

View Item View Item