LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI NGOTO TAHUN AKADEMIK 2014/2015

FAJAR WANTORO, FAJAR WANTORO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI NGOTO TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAJAR WANTORO_11108241054_PGSD_FIP_UNY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dan penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di SD, yang kemudian dapat dipakai sebagai bekal untuk pengetahuan, keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Pengalaman tersebut juga dipakai dalam pengaplikasian ilmu yang telah didapat selama berada di bangku perkuliahan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 02 Juli 2014. Sebagai tempat praktik dipilih SD Negeri Ngoto yang beralamat di Jl. Imogiri Barat Km 7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Dalam kegiatan PPL memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan yang didapat dari bangku kuliah. Pada pada dasarnya PPL yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, praktik terbimbing, praktik mandiri, dan juga mengikuti berbagai kegiatan persekolahan. Praktik lapangan dibagi menjadi tiga tahap dimana tahap yang pertama adalah praktik terbimbing sebanyak 8 kali yang terbagi menjadi kelas rendah dan kelas tinggi, selanjutnya yang kedua adalah praktik mandiri yang dilakukan sebanyak 2 kali terdiri dari kelas rendah dan kelas tinggi, dan yang terakhir adalah ujian sebagai evaluasi keseluruhan dari pelaksanaan praktik lapangan. Kendala yang sering dihadapi dalam kegiatan praktik adalah mengkondisikan siswa dan mengetahui capaian belajar siswa pada awal pertama. Kendala yang lain adalah membuat suatu pembelajaran menjadi kongkret bagi siswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini di harapkan agar mahasiswa mampu menghayati, mempraktikan, dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan bagi calon guru kelas, serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagai pengajar dan pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:08
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39854

Actions (login required)

View Item View Item