STUDI LAPANGAN TENTANG SARANA PRASARANA UNTUK PEMBELAJARAN AKTIFITAS PESCEPTUAL MOTOR SISWA TAMAN KANAK-KANAK KELAS B DI KECAMATAN SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA

Suhartini, Suhartini (2016) STUDI LAPANGAN TENTANG SARANA PRASARANA UNTUK PEMBELAJARAN AKTIFITAS PESCEPTUAL MOTOR SISWA TAMAN KANAK-KANAK KELAS B DI KECAMATAN SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_10.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk melihat kelengkapan sarana prasana yang digunakan untuk proses pembelajaran yang ada di TK B, khususnya sarana prasaranga yang dapat melatih perceptual motor anak-anak TK B. Sarana dan prasarana sangatlah diperlukan dalam kegiatan belajar dan bermain untuk anak TK .Sarana prasarana di TK diharapkan memberi kesempatan untuk melatih semua unsur perkembangan motorik anak, disebabkan sarana prasarana permaianan yang dimiliki hanya bersifat untuk bisa bermaian belum mempunyai tujuan yang spesifik untuk melatih motorik anak. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan metode survei dengan teknik tes. Target yag dicapai adalah mendapatkan informasi tentang kelengkapan sarana prasarana yang dimiliki oleh TK di kecamatan Sedayu dan apakah para guru TK mengetahui aktivitas perceptual motor. Populasi penelitian adalah TK se kecamatan Sedayu, teknik sampling secara purposive sampling dan mendapatkan 10 TK di Kecamatan Sedayu. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam yaitu menganalisis data, reduksi data, kemudian mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis ketersediaan sarana prasarana untuk pembelajaran perceptual motor siswa taman kanak-kanak kelas B di Kecamatan Sedayu Bantul Yogyakarta 10 TK yang sudah memiliki Luas sesuai standar minimal hanya 6 TK (60%) dan 4 TK (40%) masih kurang dari standar minimal. Sedangkan TK yang mempunyai sarana prasana untuk pembelajaran perceptual motor 8 TK (80%) dan 2 TK (20%) masih terbatas. Alat permainan yang umum banyak dimiliki yaitu papan seluncur, jungkat-jungkit, tangga majemuk, mangkok putar, berbagai macam ayunan dan papan titian. Kondisi alat masih bagus tetapi kurang terawat. Maka dapat disimpulkan bahwa dari 10 TK di Kecamatan Sedayu Bantul cukup memenuhi standar ideal ( sarana lahan dan prasaran pembelajaran perceptual motor ).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Seminar Nasional 2016
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana Pembelajaran Perceptual Motor, Taman Kanak-kanak
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:58
Last Modified: 16 Aug 2016 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39853

Actions (login required)

View Item View Item