UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR DAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XB3 JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Utomi, Romadi Priwijaya (2016) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR DAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XB3 JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ROMADI PRIWIJAYA UTOMI 09504244020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil upaya meningkatkan partisipasi belajar dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran gambar teknik kelas XB3 jurusan teknik kendaraan ringan SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas XB3 semester genap di SMK Perindustrian Yogyakarta tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus dilakuan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi partisipasi belajar siswa danlembar observasi keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi belajar dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat pada mata pelajaran gambar teknik kelas XB3 jurusan teknik kendaraan ringan SMK Perindustrian Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan partisipasi belajar dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat pada setiap siklusnya, pada pertemuan observasi pra tindakan rata-rata persentase partisipasi belajar sebesar 58,47% dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat sebesar 51,73%, kemudian dilakukan refleksi dan perencanaan untuk pertemuan berikutnya.Pada pertemuan siklus I, rata-rata persentase partisipasi belajar meningkat menjadi 77,83% dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat meningkat menjadi 69,22% kemudian dilakukan refleksi dan perencanaan untuk pertemuan berikutnya. Pada pertemuan siklus II, rata-rata persentase partisipasi belajar meningkat menjadi 88,72% dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat meningkat menjadi 85,92%. Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), partisipasi belajar, keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 10:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39851

Actions (login required)

View Item View Item