LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N 13 KOTA MAGELANG

Fithria Utami, Fithria Utami (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N 13 KOTA MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program bagi mahasiswa kependidikan untuk menerapkan secara langsung teori-teori pembelajaran yang telah didapatkan di dalam perkuliahan. Kegiatan PPL bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berlokasi di SMP Negeri 13 Magelang. Pelaksanaan PPL dimulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Mahasiswa PPL diberikan kesempatan mengajar di kelas sebanyak 8 kali tatap muka. Praktikan telah memenuhi syarat tersebut yaitu dengan mengajar sebanyak 14 kali tatap muka berikut ulangan harian dan remidial teaching. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik (scientific approach). Sedangkan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode observasi, metode diskusi kelompok, dan metode eksperimen. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain powerpoint, video, dan Lembar Kerja Siswa. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya sulitnya mengelola kelas, karena peserta didik sulit untuk dikondisikan. Hambatan ini dapat diatasi dengan mengatur volume suara dan intonasi suara serta dengan cara mendekati siswa dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang gaduh. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pendekatan Saintifik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39850

Actions (login required)

View Item View Item