UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERT A DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING KELAS X DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Valentina, Dwita Indah (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERT A DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING KELAS X DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DWITYA INDAH V 12504244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERT A DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING KELAS X DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh : Dwitya Indah Valentina NIM. 12504244015 ABSTRAK Kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas, dikarenakan metode ceramah dan terfokus satu arah (teaching centre) yang masih digunakan guru untuk memberikan materi kepada peserta didik. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik yang didapatkan rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dan tingkat keaktifan peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Brainstorming pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran yang digunakan adalah model Brainstorming. Peserta didik kelas X TKR 2 menjadi subyek penelitian pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang. Variabel yang diamati adalah hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif dan lembar observasi. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistika tendensi sentral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan (1) Model pembelajaran Brainstorming yang diterapkan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 27% dari siklus I ke siklus III. (2) Keaktifan peserta didik terbukti meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Brainstorming sebesar 21%. Kata kunci : hasil belajar peserta didik, keaktifan peserta didik dan Brainstorming.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39845

Actions (login required)

View Item View Item