LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 2 BANTUL

Risna Pramudita Willy, Risna Pramudita Willy (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SMA NEGERI 2 BANTUL terletak di Jl R. A Kartini, Bantul Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajjib diambil oleh Mahasiswa UNY dan salah satu bentuk pengembangan sumber daya manusia yang bersifat praktis. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga., untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke SMA N 2 Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Sebelum PPL, mahasiswa melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran dan yang ada di SMA Negeri 2 Bantul. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 maret 2014 untuk observasi fasilitas sekolah baik fisik maupun akademik. Pada tanggal 28 maret dan 16 agustus 2014 melakukan observasi kelas. Pada kegiatan PPL ini, mahasiswa telah melaksanakan 10 kali proses pembelajaran di kelas X IIS 1 dan X IIS 2 dan 10 kali pembelajaran insidental di kelas X MIA 3, X MIA 4, X MIA 5, X MIA 6, X MIA 7. Program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) pembuatan RPP 1 tahun; 2) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian; 3) Pembuatan prota dan prosem. Program mengajar dikelas menggunakan metode ceramah, simulasi, diskusi, permainan dan lain-lain. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan KKN-PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39842

Actions (login required)

View Item View Item