TANGGAPAN SISWA KELAS XI SMA TERHADAP NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Rahmawati, Wulan (2016) TANGGAPAN SISWA KELAS XI SMA TERHADAP NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12201241047 - WULAN RAHMAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa SMA terhadap novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan horison harapan yang melatarbelakangi siswa dalam menanggapi novel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 SMA N 3 Bantul dengan teknik random sampling sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner Rien T. Segers. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif berbantuan SPSS 22.0. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk (expert judgement). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, tanggapan siswa kelas XI SMA terhadap novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari data pengkategorian dan penilaian terhadap aspek intelektual (tema, sudut pandang, plot, tokoh, judul, latar, dan gaya bahasa) dan emosional (keterlibatan dan emosi, minat, keaslian, rasa haru, dan kemampuan untuk percaya). Kedua, horison harapan siswa termasuk dalam kategori sedang. Hal ini didukung oleh pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman siswa yang cukup luas sehingga horison harapan siswa dapat memenuhi atau sesuai dengan makna yang ada dalam novel Andrea Hirata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 10:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39840

Actions (login required)

View Item View Item