Sativa, Arisena (2016) PENGARUH KINERJA TEKNISI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Sativa Arisena 11503247009 A-.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH KINERJA TEKNISI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA Oleh Sativa Arisena NIM 11503247009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja teknisi program keahlian teknik mesin, kualitas pembelajaran praktikum, dan pengaruh kinerja teknisi terhadap kualitas pembelajaran praktikum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian dilakukan di 5 SMK yang memiliki program keahlian teknik mesin di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMK program keahlian teknik mesin yang berjumlah 995 orang. Penelitian mengunakan sampel data dari siswa yang dilayani teknisi, dengan teknik pengambilan sampel secara proportionate statifed randon sampling tingkat kesalahan 5% dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 258 orang. Pengambilan data dalam penilitian dilakukan dengan mengunakan kuesioner. Dalam kuesioner penelitian ini ada 2 variabel yaitu satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dari penelitian ini merupakan kinerja teknisi sedangkan variabel terikatnya merupakan kualitas pembelajaran praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kinerja teknisi program keahlian teknik mesin di SMK di kabupaten Sleman Yogyakarta dinyatakan baik hal ini dibuktikan dengan responden yang memberikan penilaian sebesar 74% dari total poin maksimal yang dapat diperoleh, (2) kualitas pembelajaran praktikum di SMK di Kabupaten Sleman Yogyakarta dinyatakan baik dimana dari hasil penelitian didapatkan responden memberikan penilaian sebesar 77% dari total poin maksimal yang dapat diperoleh, (3) terdapat pengaruh positif antara kinerja teknisi dan kualitas pembelajaran praktikum di SMK Kabupaten Sleman Yogyakarta dengan korelasi positif sebesar 0,26 dan signifikan antara kinerja aspek teknisi dengan kualitas pembelajaran praktikum. Kata kunci : kinerja, teknisi, pembelajaran, praktikum
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 01:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |