SIDIQ, NUR HIDAYAT (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TUNE-UP MOTOR BENSIN KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Sidiq Nur Hidayat 08504244019 belum.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TUNE-UP MOTOR BENSIN KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS ABSTRAK Disusun Oleh : SIDIQ NUR HIDAYAT NIM. 08504244019 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknis pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik model siklus belajar dan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran teori tune-up motor bensin siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Cawas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 di SMK Muhammadiyah Cawas berjumlah 35 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah pembelajaran mata pelajaran tune-up motor bensin menggunakan metode pembelajaran konstruktivistik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes dengan tahap tiga siklus. Uji validitas instrumen menggunakan daya pembeda, indeks kesukaran dan reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach. Analisis data diambil dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran di dalam kelas pada setiap siklus Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan penerapan pembelajaran konstruktivistik model siklus belajar ini yaitu pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. (2) Penerapan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas kelas XI TKR 2 di SMK Muhammadiyah Cawas. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil ratarata nilai tes akhir setiap siklus selalu meningkat, yaitu nilai rata-rata siklus 1 sebesar 6,3, siklus 2 sebesar 7,2 dan siklus 3 sebesar 7,8. Dan keaktifan positif siswa meningkat. Hal itu dapat dilihat dari tiap siklus keaktifan siswa yang positif meningkat dari siklus I sebesar 26%, siklus II sebesar 42% dan siklus III sebesar 66% (aktif). Pembelajaran juga lebih efektif dengan ditunjukkan siswa cepat beradaptasi dari pembelajaran pasif menjadi pembelajaran yang aktif. Kata kunci: metode pembelajaran kontruktivistik, prestasi belajar, dan keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 02:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39825 |
Actions (login required)
View Item |