PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 2 BANTUL

Dita Putri Utami, Dita Putri Utami (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi, Daftar Lampiran, Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1- Bab 3.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) digunakan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar dapat mempraktikan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan untuk mempraktikkan ilmunya, agar para mahasiswa tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional di bidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 2 Bantul meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan tanggal 6 Agustus 2014. Kegiatan praktik mengajar di kelas dimaksudkan agar praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Kimia pada kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4, X MIA 5, X MIA 6, X MIA 7, dan X IIS 2. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru, inventarisasi buku-buku perpustakaan, dan panitia PPDB. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 35 kali pertemuan dan persekolahan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 2 Bantul mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antarpersonal, melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39823

Actions (login required)

View Item View Item