LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 2 BANTUL

Diska Alfionita Dewanti, Diska Alfionita Dewanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL DISKA ALFIONITA DEWANTI 11317244014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu Praktik latihan kependidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari Praktik studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan yang ingin dicapai dari Praktik PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pembelajaran dan manajemen di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik PPL memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengenal permasalahan yang ada di sekolah terkait dengan kegiatan pembelajaran maupun diluar kegiatan pembelajaran guna menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Bnatul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari 7 Praktik studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 7 Agustus sampai dengan 16 September 2014, dilakukan sebanyak 22 kali pertemuan di X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4 dan X MIA 5. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi menjelaskan cabang-cabang biologi, peranan biologi dan kerja ilmiah (5 Kelas), menjelaskan tingkat organisasi kehidupan dan ragam permasalahan biologi (5 Kelas), menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati (4 Kelas), menjelaskan kekayaan flora dan fauna Indonesia (3 kelas) dan menjelaskan penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati dan usaha perlindungan keanekaragaman hayati (2 kelas). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari praktikan, kurang menguasai kelas. Selama pembelajaran berlangsung, praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi. Ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. 2. Penyampaian materi terlalu cepat, Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, ada siswa yang memberi masukkan bahwa penyampain materinya terlalu cepat. Praktikan merasa memang dalam penyampaian materinya cukup cepat, karena jam pertemuan atau jam pelajaran yang menuntut siswa aktif, sedangkan materinya banyak. Secara umum, program-program yang telah direncanakan telah berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mengajar, PPL, Praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39821

Actions (login required)

View Item View Item