Latifa Dwike Ambarawati, Latifa Dwike Ambarawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN KERJA (PPL) Lokasi SMK Karya Rini YHI KOWANI, Caturtunggal, Sleman, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LATIFA DWIKE A.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program S-1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL dianggap sebagai salah satu sarana untuk menerapkan empat kompetensi guru menurut Undang- Undang Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen Tahun 2005, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, serta kompetensi sosial. Tujuan utama dari mata PPL yakni dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Lokasi PPL yang bertempat di SMK Karya Rini YHI KOWANI, sebuah sekolah menengah kejuruan yang membuka dua bidang pendidikan yaitu tata busana dan akomodasi perhotelan. Dilaksanakan selama delapan hingga sepuluh kali pertemuan di kelas, PPL diharapkan mampu menjadi wadah mahasiswa dalam praktik mengajar. Sebelum mahasiswa melaksanakan program PPL, terlebih dahulu melakukan beberapa rangkaian kegiatan observasi, baik itu melalui pengamatan terhadap situasi dan lingkungan sekolah yang bersangkutan maupun pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Praktik diadakan pada bulan Agustus 2014 hingga September 2014. Pada akhirnya seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan maksimal, karena dukungan dan kerjasama dari guru, siswa, dan semua elemen yang ada di SMK Karya Rini YHI. Berdasarkan input dan output yang dihasilkan dari pelaksanaan program PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 di SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta, dapat ditegaskan bahwa program PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 di SMK Karya Rini YHI Kowani merupakan satu hubungan mutualisme yang perlu dilestarikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 00:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |