LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1PRAMBANAN KLATEN

PURNAWATI, PURNAWATI (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN PPL.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasisswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambananyang dimulai dari mulai tanggal 1 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agendaagenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMA Negeri 1 Prambanandari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi gratis, LCD, Soundsystem, Kipas Angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang dan terhubung dibeberapa ruang kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMA Negeri 1 Prambananmerupakan sekolah favorit dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimlikinya merupakan SDM yang berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Selama proses kegiatan PPL, penulis didampingi oleh IbuSupartinah, S.Pd, M.Siselaku guru Geografi dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulismendapatkan pembagian tugas mengajar kelas utama dengan alokasi waktu 3 kali pertemuanperminggu di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Pembagianmengajardilakukansecarabergantian sehingga totalnya adalah 9 jam perminggu.Selain itu, penulis juga mendapatkan kepercayaan mengajar kelas XIIBU, XII IPS1, dan kelas XI IPS 1 yang dilaksanakan apabila guru berhalangan hadir karena adanya keperluan yang sangat penting.Berdasarkan hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman mengajar sejumlah 27 kali tatap muka dengan total alokasi waktu sejumlah 69 jam selama PPL di SMA Negeri1 Prambanan.Adapun keseluruhan jumlah jam yang telah terlaksana sesuai dengan matriks program kerja individu PPL tahun 2014sejumlah 265 jam yang meliputi dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 00:43
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39807

Actions (login required)

View Item View Item