Ghassani Luthfi Izazi, Ghassani Luthfi Izazi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMP Negeri 1 Ngaglik Periode 1 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
Ghassani Luthfi Izazi.rar Download (4MB) |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Program PPL SMP Negeri 1 Ngaglik yang berlokasi Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Namun karena terbentur oleh beberapa hal, maka waktu efektif pengisian layanan bimbingan klasikal mulai tanggal 28 Agustus sampai dengan 11 September 2014. Kelas yang diampu oleh mahasiswa adalah kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E serta VIII F dengan total sebanyak 6 kelas. Program PPL, khususnya Prodi Bimbingan dan Konseling ini terdiri dari beberapa program, baik dalam praktik persekolahan maupun praktik Bimbingan dan Konseling di sekolah. Untuk praktik persekolahan meliputi beberapa program utama, diantaranya: (1) Pengadaan Aplikasi Minat Siswa (ATM Riasec), (2) Memperbaharui materi papan bimbingan, dan (3) Pengadaan bagan struktur organisasi, alur mekanisme siswa bermasalah, BK pola 17 plus, serta implementasi kurikulum 2013 Kemendikbud No 81a. Program Harian yakni Jadwal Piket Senyum, Salam, Sapa. Serta Program Insidental, diantaranya yaitu : (1) Pengambilan data IKMS, (2) Entri data dan analisis data IKMS, (3) Membantu pelaksanaan PPDB 2014, (4) Membantu membuat daftar siswa asuh BK, (5) Membantu mempersiapkan usulan calon penerima beasiswa BSM, (6) Membantu mempersiapkan usulan calon penerima beasiswa siswa berprestasi, (7) Pengumpulan data ITP, entri data ITP serta analisis ITP, (8) Pengambilan data sosiometri, entri data sosiometri serta analisis data sosiometri, dan (9) Membantu administrasi BK. Sedangkan untuk praktik BK di sekolah, meliputi: (1) Bimbingan Klasikal, (2) Konseling Individu, (3) Bimbingan Kelompok, (4) Kunjungan Rumah, dan (5) Layanan Informasi. Secara umum semua praktik terlaksana dengan lancar. Namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti hambatan teknis dan sebagainya yang akhirnya dapat teratasi dengan baik. Pelaksanaan program PPL BK di SMP Negeri 1 Ngaglik ini mendapat tanggapan positif dari seluruh elemen sekolah. Peningkatan kualitas program PPL ini, baik dari segi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, maupun evaluasi dan tindak lanjut perlu terus dilakukan guna mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik di masa mendatang.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 07:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |