Manajemen Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMPN 2 Kretek Bantul

Risnanto, Risnanto (2011) Manajemen Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMPN 2 Kretek Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-risnanto-01735216.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMPN 2 Kretek Bantul melalui manajemen pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 3 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 2 Kretek Bantul. Penelitian ini berlangsung pada tahun pelajaran 2006/2007 semester II (bulan Januari s.d. Mei 2007). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan, wawancara, perekaman dengan menggunakan kamera, dan kuesioner terbuka. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis kualitatif data Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap, perilaku dan nilai rata-rata kelas yang cenderung baik dari pelaksanaan tindakan siklus I sampai dengan siklus III. Penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa dan Sastra Indonesia siswa. Peningkatan tersebut terlihat pada pemahaman dan penguasaan materi siswa yang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata yang diperoleh siswa berdasarkan hasil postes 7,7.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), kualitas proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:42
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39787

Actions (login required)

View Item View Item