Haryati, Haryati (2010) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM 2004. S1 thesis, UNY.
Text
PENGEMBANGAN_BUKU_PETUNJUK_PRAKTIKUM_MATA_PELAJARAN_KIMIA_UNTUK_SMA.docx Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menyusun dan mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas XI semester 2 berdasarkan Kurikulum 2004 ; yang memenuhi kriteria kualitas sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar penunjan;; dalam pembelajaran kimia. Empat tahapan penelitian yang dilakukan, yaitu tahap perencanaan, pen;organisasian, pelaksanaan, dap penitaian produk. I`.7asing-masing tahapan `. 1aebut terdiri atas beberapa petunjuk praktikum yang meliputi materi pelajaran kirr,iukelas X1. semes'.w° 2 berd;,sarkan hurikuium 2004 yang meliputi 9 (i) i~eori Asam Gasa Arrhenius dan pH Larutan Asam Basa; (2) Stoikiometri Larutart; (3) Reaksi Netralisasi; (4) Larutan Penyangga; (5) Hidrolisis Garam; (6) Ikelarutan can Hasil Kali Kelarut.~Li: (7) SistemKol,_ i~ _ dan (9) Pe-mbuatan i',oloid. Buku petunjuk ^raktil:um kimia diberi masukan oleh 2 orang dosen peml-imbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang teman sejawat (peer reviewer). Buku pemnjuk praktikum kimia juga dinilai kualitasnya oleh 5 orang guru kimia SMA/MA. Penilaian kualitas bvke pc+un.;uk praKt_1°_uin kim:a didasarkan nada 1 I aspek per_i'aia ;, yAti-i : p:.ruli;;dn dan organisasi buku petunjuk praktikum, kebenaran konsep kegiatan, keIuasan konsep kegiatan, kedalaman konsep kegiatan, kejelasan kalimat dan tingkat keterbacaan, kejeiasan kegiatan, muatan KBK, tingkat keamanan kegiatan. tingkat keterlaksanaan kegiatan, evaluasi belajar, dan tampilan fisik buku petunjuk praktiktun. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam benhilc deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata buku petunjuk praktikum dTnhah menjadi kategorikualitas buku petunjuk praktikum dapat melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (S13) menurut penilaian guru kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta di Kodya Yogyakarta dengan skor 142,88 dan persen keidealan sebesar 84,05%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 05:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3978 |
Actions (login required)
View Item |