LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 SLEMAN

Sita Jullanar Zahra, Sita Jullanar Zahra (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SITA NEW.pdf

Download (920kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan program kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran dalam lingkungan pendidikan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil kuliah kependidikan. Progam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui program PPL yang dilaksanakan mahasiswa mampu menerapkan segala disiplin ilmu yang telah diperoleh selama kuliah untuk diterapkan didalam lingkungan pendidikan. Disamping itu, mahasiswa juga berkesempatan memperoleh pengalaman untuk terjun langsung di dunia pendidikan sehingga memperoleh bekal untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya sebagai calon guru. Kegiatan PPL yang berlokasi di SMP N 1 Sleman dilaksanakan dari tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini, mahasiswa melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dimana mata pelajaran yang diampu sesuai dengan kompetensi ilmu atau bidang studi yang ditempuh oleh mahasiswa. Secara umum, kegiatan PPL mencakup pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, serta mempersiapkan perangkat-perangkat lain yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Selama kegiatan PPL, praktikan mengampu kelas VIII G untuk mata pelajaran IPA dimana praktik mengajar yang dilakukan disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing. Program pembelajaran yang dilaksanakan oleh praktikan menggunakan metode pembelajaran diskusi, penugasan proyek, dan eksperimen. Selama melaksanakan kegiatan PPL ini terdapat beberapa kendala ketika proses pembelajaran berlangsung diantaranya mengenai pengelolaan kelas dikarenakan peserta didik sulit untuk dikendalikan. Dari pelaksanaan program PPL ini penulis memperoleh banyak pengalaman berharga yang dapat dijadikan modal untuk mengembangkan nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan guna menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dimasa mendatang. Pelaksanaan program ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun mahasiswa. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing-masing guna terlaksananya program-program PPL dengan sukses.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program, kegiatan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39777

Actions (login required)

View Item View Item