LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) SLEMAN KABUPATEN SLEMAN

FikaWijayani, FikaWijayani (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) SLEMAN KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL PENGESAHAN.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi ppl.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penyelengaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Program yang dikembangkan mahasiswa dalam praktik PPL disesuaikan dengan program sekolah sehingga dapat mendukung program-program yang ada di sekolah. PPL ini dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sleman Yogyakarta yang berlokasi di kecamatan Berbah. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Berdasarkan analisis situasi dan observasi baik ruangan kantor maupun kelas, telah dilaksanakan berbagai program antara lain yaitu pendampingan dan pengajaran KB, TPA, TK, Kejar Paket A dan C, Parenting, Pembuatan Media pembelajaran, Mural, Diklat Pendidik PAUD, dan Diklat KMRT. Dari program PPL ini mahasiswa telah memperolah manfaat baik dari praktek maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan pelaksanaan PPL ini. Dari kegiatan tersebut mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang proses kegiatan di SKB Sleman. Dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan di atas, ada satu kegiatan yang berjalan sangat tidak efektif yaitu pada saat pameran sebagai tindak lanjut dari bimbingan kelompok hal ini terjadi karena kurang persiapan yang matang. Sedangkan kegiatan yang lainnya berjalan cukup efektif dan peserta didik sangat antusias meskipun ada beberapa yang mungkin tidak terlalu memperhatikan ketika program berlangsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 06:21
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39756

Actions (login required)

View Item View Item