LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN OPTIMALISASI PENDATAAN DAN PENGELOLAAN DATA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR INDIVIDU DAN PADATI WEB.

Fitriana Nur Itsnaini, Fitriana Nur Itsnaini (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN OPTIMALISASI PENDATAAN DAN PENGELOLAAN DATA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR INDIVIDU DAN PADATI WEB. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang memiliki kesesuaian dengan kompetensi akademik mahasiswa jurusan administrasi pendidikan. Program ini ditujukan untuk membantu keterlaksanaan kinerja maupun program yang dilaksanakan Bidang PRP Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul yakni terfokus pada pengelolaan “Optimalisasi pendataan dan pengelolaan data peserta didik SD dinas pendidikan Kabupaten Klaten dengan menggunakan Lembar Individu dan Padati web”. pada realita yang ada memang masih banyak sekolahsekolah SD di Kabupaten Klaten ini yang belum bisa memberikan data peserta didik di tiap sekolah untuk diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Padahal adanya pendataan peserta didik ini sudah disosialisasikan dari Dinas pendidikan setempat mengenai cara pengisian serta keguanaan dan keuntungan bagi sekolah itu sendiri. Dengan begitu, maka penulis ingin mengoptimalisasikan kembali penggunaan Lembar individu dalam pendataan peserta didik di Sekolah Dasar di kabupaten Klaten. Pada dasarnya pelaksanaan program tersebut melalui 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, analisis hasil dan evaluasi. Namun karena ketidaksesuaian program dengan kondisi lapangan yang ada maka program tersebut kurang dapat berjalan dengan lancar. Untuk menunjang keterlakasaan tugas yang ada maka terdapat program PPL penunjang seperti upload data pemesanan buku kurikulum 2013, entry data jumlah PPDB tingkat SMP, pembuatan surat tugas, entry data guru yang belum mengikuti pelatihan kurikulum 2013, entry data SPM SD dan SMP, pengunduhan PPDB online SMA, pencocokan nama sekolah SMP dengan daftar absensi untuk dana transport, akses situs padati-web, sosialisasi Dapodik SD untuk operator dan kepala sekolah serta merekap presensi sosialisasi Dapodik SD. Adapun pelaksanaan program PPL insidental yakni halah bihalal di kantor bupati, upacara HUT kemerdekaan RI, karnaval 17 agustusan, senam dan makan bersama jajaran dinas, pembuatan presensi sosialisasi Dapodik SD dan SMP, penataan presensi sosialisasi Dapodik SD, dan konsultasi pelaksanaan kerja. Program PPL di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten secara garis besar dapat terlaksana. Beberapa program tambahan/penunjang menyesuaikan kebutuhan di bidang kerja. Setiap program dirancang dan direncanakan setelah berkonsultasi dengan pembimbing lembaga. Pelaksanaan disesuaikan waktu dan kondisi. Evaluasi disampaikan di akhir kegiatan. program PPL di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 05:59
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39746

Actions (login required)

View Item View Item