PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SWISH MAXUNTUK PERSIAPAN PEMBUATAN GAMBAR KERJA TEKNIK MESIN DI SMK KELAS X

Setiyanto, , - (2011) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SWISH MAXUNTUK PERSIAPAN PEMBUATAN GAMBAR KERJA TEKNIK MESIN DI SMK KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
ANIMATED_SWISH_MAX_MEDIA_DEVELOPMENT_FOR_PREPARATION_OF_MECHANICAL_WORKING_DRAWING_FOR_YEAR_X_SMK_STUDENTS.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi Swish max sebagai pendukung pembelajaran menggambar teknik khususnya penunjukan ukuran pada gambar kerja, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan kinerja media pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMK kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Seyegan Sleman. Waktu yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian pada bulan Maret 2011. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dibuat persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini juga menggunakan penelitian eksperimen semu yaitu melibatkan kelas X TFL1 kelas kontrol dan kelas X TFL2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran melalui beberapa tahap, yaitu (1) Fase investigasi awal tentang perangkat pembelajaran dan menetapkan bahan ajar atau materi yang akan dikembangkan medianya; (2) Fase perancangan menyiapkan desain perangkat pembelajaran (silabus, RPP), menyusun materi, mendesain media pembelajaran; (3) Fase realisasi yaitu membuat dan mengembangkan produk awal untuk divalidasi; (4) Fase validasi, uji coba dan revisi yaitu validasi oleh ahli materi dan ahli media, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan ; (5) Fase implementasi produk akhir. Dari uji kelayakan yang dikembangkan media pembelajaran ini menurut ahli materi pembelajaran memperoleh persentase kelayakan total sebesar 88,08 %, menurut ahli media memperoleh persentase kelayakan total sebesar 91,88 %, menurut guru pengampu memperoleh persentase kelayakan total sebesar 88,39 % dan hasil yang didapat dari penilaian siswa didapatkan persentase kelayakan sebesar 86,67 %. Hasil persentase kelayakan membuktikan bahwa media pembelajaran animasi Swish max yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran menggambar teknik mesin. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen, pre test 4,99 dan nilai rata-rata post test 7,61 telah memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penggunaan media pembelajaran secara signifikan menunjukan efektivitasnya sebagai model pembelajaran menggambar teknik, hasil penelitian menunjukan t hitung lebih besar dari pada t tabel (3.926 > 2.423).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3973

Actions (login required)

View Item View Item