LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 Kalasan

ANINDITA PUTERI WANDANSARI, ANINDITA PUTERI WANDANSARI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 Kalasan. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Anindita Puteri Wandansari_Pendidikan Sosiologi_PPLSAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Kalasan yang digunakan sebagai lokasi PPL terletak di daerah Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat, minat siswa untuk menunjang proses belajar mengajar, serta membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Pelaksanaan PPL dimulai pada 2 Juli – 17 September 2014, yang diawali dengan observasi ke sekolah pada bulan Februari, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Kegiatan observasi bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas. Kegiatan selanjutnya adalah persiapan yang berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, serta persiapan fisik dan mental. Kegiatan utamanya adalah pelaksanaan PPL mulai 7 Agustus – 16 September dengan materi Hakikat Sosiologi, Sejarah Perkembangan Sosiologi, Sosiologi sebagai IlmuPengetahuan, Sosiologi dan Ilmu Sosial Lain, sampai ulangan harian. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan yaitu pada siswa kelas X MIIA 1, X MIIA 2, X MIIA 3, dan X MIIA 4. Praktik pengalaman lapangan yang berupa praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan dengan total 36 jam pelajaran. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yaitu berupa kegiatan pembelajaran di kelas . Media yang digunakan dalam kelas di antaranya Media Prezi, video, animasi, dan perangkat permainan serta LKS. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang digunakan diskusi, ceramah, dan permainan dengan menggunakan media pembelajaran sederhana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Kalasan
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:07
Last Modified: 15 Aug 2016 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39723

Actions (login required)

View Item View Item