Ferianto, Erin Juni (2016) OPTIMASI PELAYANAN ANTRIAN MULTI CHANNEL (M/M/c) PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) SAGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Depan baru.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
skripsi full.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Antrian merupakan suatu fenomena yang dihadapi pelanggan pada industri jasa. Salah satunya terjadi di SPBU Sagan Yogyakarta dimana penumpukan pelanggan sering terjadi setiap pagi dan sore hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antrian yang terjadi dan menentukan jumlah server yang optimal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mencatat antrian yang terjadi pada jam sibuk pagi dan sore hari. Konfigurasi sistem antrian yang diberlakukan oleh SPBU Sagan Yogyakarta dapat dinyatakan dengan notasi (M/M/c). Disiplin pelayanan yang diberlakukan pada SPBU Sagan Yogyakarta adalah disiplin pelayanan First In First Out (FIFO). Dari hasil penghitungan kinerja sistem antrian pada SPBU Sagan Yogyakarta, apabila menggunakan 3 server akan terjadi pengurangan banyaknya rata-rata waktu yang dibutuhkan pelanggan dalam antrian sebanyak 86,92%. Pernyataan tersebut diperkuat dengan naiknya tingkat menganggur server sebesar 3,47%. Biaya total per pelanggan menggunakan 2 Server pelayanan adalah Rp.26.437 dan jika menggunakan 3 Server sebesar Rp.30.919. Adapun biaya operasional listrik untuk 2 Server yaitu Rp.1.398 per jam sedangkan untuk 3 Server adalah Rp.1.092 per jam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pihak SPBU Sagan Yogyakarta lebih baik mengoperasikan 3 server dibandingkan 2 server atau 4 server. Kata kunci: Pelanggan, Server, Antrian Multi Channel, SPBU Sagan Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 01:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |