HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL DAN KREATIFITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2004/2005

Hariyani, Hariyani (2010) HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL DAN KREATIFITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2004/2005. S1 thesis, UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian terhadap siswa kelas XI semester 1 SMA N 1 Bantul ini bertujuan ;untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan penalaran formal dan kreatifitas terhadap prestasi belajar kimia semester 1 secara 'keseluruhan, prestasi belajar konsep stoikiometri dan termokimia, prestasi belajar konsep laju reaksi dan kesetimbangan kimia seria prestasi belajar konsep larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 1 SMA N 1 Bantul tahun ajaran 2004/2005 sebanyak 160 siswa. Sampel berjumlah 120 siswa diambil secara Iluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan uji tertulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara : (1) kemampuan penalaran formal dan kreatifitas terhadap prestasi ;belajar kimia semester 1 dengan koefisien k:orelasi ganda sebesar 0,805 dan sumbanban ektif sebesar 64,769 % (2) kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar kimia mester 1 dengan koefisien korelasi 0,648 dan sumbangan efektif sebesar 44,767 % (3) tifitas dengan prestasi belajar kimia semester l dengan nilai koefisien 0,417 dan bangan efektif sebesar 20,001 %; (4) kemampuan penalaran formal dan kreatititas gan prestasi belajar konsep stokiometri dan termokimia dengan koefisien korelasi da 0,469 dan sumbangan efektif 21,995 %: (5) kemampuan penalaran formal dan tifitas dengan prestasi belajar konsep laju reaksi dan kesetimbangan kimia dengan fisien korelasi ganda 0,439 dan sumbangan efektif 19,314 %: (6) kemampuan alaran formal dan kreatifitas dengan prestasi belajar konsep larutan elektrolit dan non elektrolit dengan koefisien korelasi ganda 0,729 dan sumbangan efektif 53,076 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item