LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 3 TEMPEL Pondokrejo Tempel Sleman Yogyakarta

Rizki Eka Widyana Hanafi, Rizki Eka Widyana Hanafi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 3 TEMPEL Pondokrejo Tempel Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizki Eka Widyana Hanafi_11202244002_PBI_FBS.pdf

Download (100MB) | Preview

Abstract

rogram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa kependidikan untuk belajar mengenal serta mempelajari isi dari lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk melatih mental mahasiswa dalam praktek mengajar siswa-siswi secara langsung di depan kelas. Selain itu, PPL juga dapat menambah pengalaman serta wawasan dalam proses KBM, agar mahasiswa memiliki pengalaman yang cukup sebagai bekal untuk terjun di dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik di kemudian hari. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut penulis telah menjalankan beberapa program PPL yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014 di SMP Negeri 3 Tempel. Program-program tesebut diantaranya pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, pengoreksian tugas siswa, pembuatan soal ulangan harian, pengadaan media pembelajaran buku cerita bahasa Inggris, pengadaan CD-aplikasi kamus pada komputer, pengadaan media pembelajaran CD-bank texts, pelatihan mading dan lomba mading. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Tempel, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di satu kelas yaitu kelas VIII C. Dalam praktiknya, penulis melaksanakan praktik mengajar sebanyak 8 kali dengan 8 RPP. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan beberapa hal yaitu perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, dan mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39714

Actions (login required)

View Item View Item