LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMP N 5 SLEMAN Karangasem, Pandowoharjo, Sleman

RiniSulistiyani, RiniSulistiyani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMP N 5 SLEMAN Karangasem, Pandowoharjo, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINI_SULISTIYANI_(11401241016)_PKnH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PraktekPengalamanLapangan (PPL)merupakankesempatanbagimahasiswauntukmempraktekkanilmu yang bersifatteoretis yang telahditerima di perkuliahan.Padasaat PPL inimahasiswadiberikankesempatanuntukmengaplikasikanteoriteoritersebutsekaligusmencariilmuyang bersifatfaktual, tidaksekedarteoritissepertipadasaat di perkuliahan.Kegiatan PPL dapatbertujuanuntukmendapatkanberbagaipengalamanmengenai proses pembelajarandankegiatandalamlingkungansekolah yang digunakansebagaibekalbagicalontenagapendidik yang memilikinilai, sikap, pengetahuan, danketrampilan yang digunakansebagaitenagapendidik. Kegiatan PPL inidilaksanakanolehmahasiswakependidikan di UniversitasNegeri Yogyakarta (UNY) untukmelaksanakanpembelajaran PPL langsungdilingkungansekolah.Sekolah yang digunakansebagaitempatpraktikiniadalah SMP N 5 Sleman, yang dilaksanakanmulaidaritanggal2Juli 2014hinggatanggal 17 September 2014.Pelaksanaan PPL inidilakukandenganmengajar di kelasselamakegiatanpembelajaran di sekolahtersebutsesuaijadwal yang sudahditentukan.Pengajaran di kelaspadakegiatan PPL inidiharapkandapatdilakukan minimal 8 kali pertemuan.yaitukelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Diterapkannya kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran untuk itu perlu adanya metode pembelajaran yang mendukung diantaranya dengan pendekatan saintifikserta model kooperatif dan pembelajaran berbasis proyekyang diharapkan dapat lebih meningkatkan keaktifan peserta didik. Untukmendukungkegiatanpembelajaranjuga digunakanbeberapa media, antara lain alatpraktikumlserta LKS serta diselingi dengan permainan.Banyakkendaladanhambatanselamawaktudilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupunekstern, diantaranyadalampengelolaankelas yang sulituntukdikendalikan, karenapesertadidikterlaluramaidansuarapraktikan yang kurangkeras.Namun, halinimerupakansuatukenyataanbahwaanakusia SMP memangdalamperkembangansepertiitu, danhalinimerupakansuatu proses untukmenuju yang lebihbaik. Denganadanyakegiatan PPL ini, praktikanmendapatbekalpangalamandangambarannyatatentangkegiatandalamduniape ndidikan khususnya di sekolah. Adanyakerjasama, kerjakeras dandisiplinakansangatmendukungterlaksananya program-program PPL dengansukses. Denganterselesaikannyakegiatan PPL inidiharapkandapatterciptatenagapendidik yang professional danberkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:06
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39702

Actions (login required)

View Item View Item