LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

ANEISIA KHAIRAWATI SAPUTRA, ANEISIA KHAIRAWATI SAPUTRA (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
1. COVER, kta pngantar, dftr isi n lampiran abstrak hal 8 belum.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1, 2, 3 dftr pstaka, lampiran.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah dan menerapkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang dimulai dari tanggal 1 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agenda-agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Geografi pada khususnya. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi gratis, LCD, Soundsystem, Kipas Angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang dan terhubung diseluruh ruangan kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMA Negeri 1 Prambanan Klaten merupakan sekolah favorit dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya merupakan SDM yang berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM).Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswi dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program kerja dan kegiatan PPL. Program kerja PPL diantaranya pengadaan media pembelajaran berupa atlas, pengadaan replika batuan, dan pelatihan peta tematik teknik overlay sederhana. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktik mengajar dilaksanakan, pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas XI IIS 1, XI IIS 2, XI IIS 3. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 5 jam pelajaran dalam satu minggu. Selama viii melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak sekolah. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Manfaat lain yaitu mahasiswa dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan peserta didiknya, bagaimana cara mengelola kelas dan membuat peserta didik dari yang belum mengetahui materi menjadi memahami materi yang disampaikan. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang sangat berharga terkait hubungan kekeluargaan yang terjalin dengan para siswa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Aug 2016 02:54
Last Modified: 15 Aug 2016 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39691

Actions (login required)

View Item View Item