LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP N 3 TEMPEL Periode 1 Juli – 17 September 2014

Ari Putri Haryanti, Ari Putri Haryanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP N 3 TEMPEL Periode 1 Juli – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ari Putri H (11202244024) PBI_FBS.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai tiga SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik. Praktikan juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Dengan pelaksanaan PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar. Adapun program ini dilaksanakan di SMP N 3 Tempel. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang dilaksanakan oleh UNY dimana PPL dianggap sebagai suatu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan proses pembelajaran dan disiplin ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah microtraching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Adapun programprogram PPL yang dilakukan oleh penulis diantaranya pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, pengoreksian tugas siswa, pembuatan soal ulangan harian, pengadaan CD-aplikasi kamus pada komputer, pengadaan media pembelajaran CD-bank texts, pelatihan madding dan pengadaan flash card. Melalui kegiatan PPL, praktikan dapat meningkatkan pengalaman berharga untuk dapat menjadi guru dengan pribadi professional, penuh rasa tanggung jawab dan menjadi sarana untuk membiasakan praktikan dengan berbagi permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran sehingga terlatih untuk kritis, berimprovisasi, melakukan peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan SMP N 3 Tempel, supaya PPL di masa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik, lapangan, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 02:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39689

Actions (login required)

View Item View Item