AKTIVITAS JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR SAAT ISTIRAHAT SEKOLAH DI WILAYAH URBAN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Purna Panca Nugraha (2016) AKTIVITAS JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR SAAT ISTIRAHAT SEKOLAH DI WILAYAH URBAN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Purna Panca Nugraha_11601244064.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin sedikitnya anak-anak yang melakukan aktivitas jasmani di wilayah urban Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas jasmani siswa sekolah dasar kelas V saat istirahat sekolah di wilayah urban Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar di wilayah urban Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hal tersebut maka sampel yang memenuhi kriteria adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Samirono dan Sekolah Dasar Negeri VII Caturtunggal yang berjumlah 54 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan alat pedometer merk Nesco FJ 101 dengan kapasitas mencatat hingga 99,999 langkah kaki. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat aktivitas jasmani siswa kelas V sekolah dasar di wilayah urban Kecamatan Depok Kabupaten Sleman adalah 1,852% dengan kategori sangat kurang baik (1 orang); 33,333% dengan kategori kurang baik (18 orang); 35,185% dengan kategori cukup baik (19 orang); 22,222% dengan kategori baik (12 orang); dan 7,407% dengan kategori sangat baik (4 orang)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Jasmani, Siswa Sekolah Dasar, Wilayah Urban, Kabupaten Sleman
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39688

Actions (login required)

View Item View Item