Akbar Ali Pratama (2016) TINGKAT KESULITAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUATIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI AKBAR ALI PRATAMA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pelaksanaan pembelajaran akuatik di sekolah dasar se Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan guru pendidikan jasmani sekolah dasar negeri se Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo dalam pelaksanaan pembelajaran akuatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 32 guru. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus Alpha Cronbach, diketahui dari 56 butir pernyataan terdapat 20 yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 pernyataan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa angket dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,873. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kesulitan guru penjas Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabuapten Kulonprogo terhadap pelaksanaan pembelajaran akuatik tahun pelajaran 2015/2016 pada kategori “sangat tinggi” sebesar 6,25% (2 guru), kategori “tinggi” 46,875% (15 guru), kategori “sedang” 34,375% (11 guru), kategori “rendah” 3,125% (1 guru), “sangat rendah” 9,375% (3 guru).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan guru pendidikan jasmani, Pembelajaran akuatik |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 01:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |