EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DENGAN BENDA NYATA DI SMK N 2 DEPOK

Sri , Cahyani (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DENGAN BENDA NYATA DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
LEARNING_EFFECTIVENESS_OF_MECHANICAL_ENGINEERING_DRAWINGS_THE_REAL_OBJECTS_IN_SMK_N_2_DEPOK.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prestasi siswa SMK N 2 Depok pada pelajaran Gambar Teknik Mesin setelah mendapatkan pembelajaran dengan benda nyata, (2) mengetahui seberapa tinggi efektivitas pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan benda nyata di SMK N 2 Depok, (3) mengetahui adakah perbedaan efektivitas pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan benda nyata dengan pembelajaran konvensional yang sebelumnya digunakan di SMK N 2 Depok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilakukan di SMK N 2 Depok Sleman. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan (X TP) SMK N 2 Depok yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (penggunaan benda nyata) dan variabel terikat (prestasi belajar). Desain penelitian yang dipakai yaitu praeksperimen. Dari kedua kelas tersebut 1 kelas sebagai kelas eksperimen ( X TPA) dan 1 kelas sebagai kelas kontrol (X TPB). Perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan memberikan metode pembelajaran dengan benda nyata, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode konvensional. Instrumen meliputi indikator dan validitas, validitas dalam penelitian ini tergolong face validity dengan expert judgment atau validitas yang dilakukan oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif yang meliputi : modus, median, mean, varians, dan standart deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: prestasi belajar siswa SMK N 2 Depok pada pelajaran Gambar Teknik Mesin setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan benda nyata nilai rata-ratanya 77,38 sedangkan yang mendapatkan pembelajaran konvensional nilai rata-ratanya 70,81. Pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan benda nyata di SMK N 2 Depok efektif jika dibanding dengan pembelajaran konvensional yang sebelumnya digunakan. Ada perbedaan efektivitas pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan benda nyata dengan pembelajaran konvensional yang sebelumnya digunakan di SMK N 2 Depok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item View Item