LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA KOLOMBO SLEMAN Jl. Rajawali No. 10 Kompleks Kolombo Sleman Yogyakarta 1 Juli - 17 September 2014

Anggita Dyah Ayu Paramita, Anggita Dyah Ayu Paramita (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA KOLOMBO SLEMAN Jl. Rajawali No. 10 Kompleks Kolombo Sleman Yogyakarta 1 Juli - 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggita Dyah Ayu P..pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalanoan Lapangan EPL) Universitas Negeri Yogyakata seme.ster !frusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Kolombo telah dilaksanakam oleh mahasiswa pada tanggal 1 Juli - 17 Septembet 2A14. Kelompok PPL di lokasi iai tgrdiri dari 9 mahasiswa dari 5 program studi, yaitu Pendidikao Sejamh, Pemdidikeu Geografi, Feadidikan Sosiologi" Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kmehatan Jasmani dan Rekreasi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih urahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang prosss pembelajaran dan kegiatan kependridikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai t€'lraga keggruan Srang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap d8$ f.egiatan yang telah dilaksanakan rneliputi penyuslrnan RPP, praktik mengajar, peulbuaan soal evaluasi" serta kegiatan lainnya yang diselenggaxakffi di sskolah' Praktik mengajar dimulai dari tanggal I Juli 2014 sampai dengan 17 Se'ptenmhel 2014, dilakukan sebanyak I kali pertemuan dj kelas X MIA dan X IIS 2. Fokok bahasan Sang diajarkan meliputi Besamn, Satuan dan Peagukuraq serta Operasi Vektor program kegiatan PPL dapat terlaksana dengau baik dan lancar berkat adanSa bitrbingatr dar srahaa dari guru pe*nbimbing dan dosen pembimbing selanra ryryqfk mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belaiiar mengalur (KBM). Selain itu terlaksauanya program PPL ini tidak terlepas dari dukungm dan bantrmu dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mstlasiswa PPL rmtuk mengembangkan potensi yang dimilikiala. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalarn melaksanakao FFL yakni praktikan rrasih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembela.iaran berlarg-sung seriagkati praktikan mengalami kesulitan dalam meugontrol siswa terutama $aat pmgpasaao kelas dan menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak mempertatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidahielssan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang menrberikan respotr. Praktikan menyadari bahwa rnunculaya hambatan dalam pelaksanaan kegiataa PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakaa salah satu tamtangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39662

Actions (login required)

View Item View Item