UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 REJASA KLATEN

Dwi Harsongko (2016) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 REJASA KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini Siswa SDN 1 Rejasa kelas IV kurang memperhatikan, kurang kerjasama, dan kurang berdisiplin dalam mengikuti pembelajaran senam guling depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Rejasa Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam beberapa siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Rejasa Klaten sebanyak 31siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Januari 2016 sampai dengan bulan Maret 2016 di SD Negeri 1 Rejasa Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan lembar unjuk kerja siswa dengan berstandar kepada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 7,5. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil unjuk kerja siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi keaktifan siswa menyatakan bahwa keaktifan pada siklus I adalah sudah meningkat menjadi siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran senam lantai guling depan. Sedangkan untuk hasil observasi unjuk kerja siswa menyatakan bahwa ketuntasan siswa dalam unjuk kerja siswa pada siklus I sebanyak 26 orang (83,87 %).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, Senam Guling Depan, Pendekatan Bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39654

Actions (login required)

View Item View Item