SUMBANGAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Budi Ramadhani (2016) SUMBANGAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF BUDI RAMADHANI.pdf

Download (90MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan obsevasi lapangan, ditemukan banyak anak tunagrahita ringan yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis melakukan servis panjang bulutangkis tidak sampai sasaran dan tampak lemah kemampuan kekuatan otot lengan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sumbangan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bulutangkis anak tunagrahita ringan SMA di SLB Negeri Pembina. Sampel dalam penelitian ini adalah ekstrakurikuler bulutangkis anak tunagrahita ringan SMA di SLB Negeri Pembina yang berjumlah 43. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk kekuatan otot lengan menggunakan expanding dynamometer dengan validitas 0,94 dan reliabilitas 0,67, sedangkan kemampuan servis panjang mengunakan tes kemampuan servis panjang dengan validitas 0,98 dan reliabilitas 0,899. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana melalui uji prasyarat melalui uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada sumbangan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis pada ekstrakurikuler anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, yaitu sebesar 23,2 % sedangkan 76,8% dipengarui oleh faktor lain yang tidak diteliti.Berdasarkan obsevasi lapangan, ditemukan banyak anak tunagrahita ringan yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis melakukan servis panjang bulutangkis tidak sampai sasaran dan tampak lemah kemampuan kekuatan otot lengan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sumbangan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bulutangkis anak tunagrahita ringan SMA di SLB Negeri Pembina. Sampel dalam penelitian ini adalah ekstrakurikuler bulutangkis anak tunagrahita ringan SMA di SLB Negeri Pembina yang berjumlah 43. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk kekuatan otot lengan menggunakan expanding dynamometer dengan validitas 0,94 dan reliabilitas 0,67, sedangkan kemampuan servis panjang mengunakan tes kemampuan servis panjang dengan validitas 0,98 dan reliabilitas 0,899. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana melalui uji prasyarat melalui uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada sumbangan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis pada ekstrakurikuler anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, yaitu sebesar 23,2 % sedangkan 76,8% dipengarui oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan otot lengan dan Kemampuan servis panjang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39647

Actions (login required)

View Item View Item