LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

AULIA PERWIRANINGTYAS, AULIA PERWIRANINGTYAS (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
PPL-AULIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa, termasuk mahasiswa UNY. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penggaplikasian ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan pembelajaran di perkuliahan. Pengaplikasian tersebut dalam bentuk praktik kepada mayarakat atau lembaga yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Dalam kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa akan dihadapkan kepada kondisi sesungguhnya dari pengaplikasian ilmu dalam bidang pendidikan dan non pendidikan sebagai tempat belajar apa yang akan dihadapi kelak dalam profesi pekerjaan. Disamping itu, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) juga menjalin kerjasama, interaksi, dan berbagi pengalaman antara lembaga yang bersangkutan dengan pihak universitas. Lokasi kegiatan PPL yaitu di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta yang memiliki lahan yang cukup luas namun dalam situasi sedang dibangun gedung baru sebagai pembaharuan bangunan lama. PPL dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 yang diawali dengan koordinasi, observasi ke lokasi, analisis situasi dan kebutuhan, serta identifikasi permasalahan yang dapat diselesaikan oleh teknolog pendidikan. Berdasarkan beberapa hal diatas, maka diagendakan beberapa program, dan disusunlah proposal kegiatan PPL. Berbagai program kegiatan PPL yang telah direncanakan meliputi Program PPL kelompok dan PPL individu. Kenyataanya berbagai program tersebut tidak dapat terlaksana dengan baik, namun secara tidak langsung kami juga memperoleh pemahaman tentang proses bekerja di lingkungan pemerintahan, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam vii mengatasi permasalahan teknis maupun non teknis yang ada di LPMP DIY, memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran Kepelatihan, Pengelolaan Kelas, Pengelolaan Data Diklat, dan implementasi pembelajaran lain dalam suatu lembaga.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Aug 2016 00:52
Last Modified: 15 Aug 2016 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39643

Actions (login required)

View Item View Item