HIKMAWATI, SEPTIANA and Bambang Sumarno, HM (2016) PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI ‘PEKERJA ALJABAR’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ALJABAR UNTUK SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN A.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN B.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text
LAMPIRAN C.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN D.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
LAMPIRAN E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN F.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi ‘Pekerja Aljabar’ sebagai media pembelajaran materi aljabar untuk SMP kelas VIII, dan mendeskripsikan kualitasnya serta mengetahui minat siswa di Kelas VIII D SMP N 2 Yogyakarta terhadap media tersebut. Media yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu anaysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Permainan ‘Pekerja Aljabar’ ini adalah permainan edukasi materi aljabar bergenre adventure yang di setiap levelnya pemain diminta untuk menyelesaikan soal-soal operasi aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII D SMP Negeri 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi media permainan untuk ahli materi, ahli media, dan dua guru matematika SMP N 2 Yogyakarta untuk mengetahui kualitas permainan, serta lembar minat siswa untuk mengetahui minat terhadap permainan edukasi ‘Pekerja Aljabar’ sebagai media pembelajaran. Penilaian oleh ahli materi diperoleh skor empiris 104, rerata ideal 81 dan simpangan baku ideal 18 dengan kriteria media pembelajaran pada kualitas baik dan layak digunakan. Penilaian oleh ahli media diperoleh empiris 85, rerata ideal 72 dan simpangan baku ideal 16 dengan kriteria baik dan layak digunakan. Penilaian oleh dua guru matematika diperoleh skor empiris 402, rerata ideal 306 dan simpangan baku ideal 68 dengan kriteria baik dan layak digunakan. Minat siswa terhadap media diperoleh skor empiris 3404, rerata ideal 2592 dan simpangan baku 576 dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa permainan edukasi “Pekerja Aljabar” mempunyai kualitas yang baik dan layak sebagai media pembelajaran, dan minat siswa belajar menggunakan media ini adalah baik. Kata kunci: Permainan edukasi, media pembelajaran, materi aljabar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 01:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39639 |
Actions (login required)
View Item |