PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI ‘PEKERJA ALJABAR’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ALJABAR UNTUK SMP KELAS VIII

HIKMAWATI, SEPTIANA and Bambang Sumarno, HM (2016) PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI ‘PEKERJA ALJABAR’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ALJABAR UNTUK SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
LAMPIRAN C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi ‘Pekerja Aljabar’ sebagai media pembelajaran materi aljabar untuk SMP kelas VIII, dan mendeskripsikan kualitasnya serta mengetahui minat siswa di Kelas VIII D SMP N 2 Yogyakarta terhadap media tersebut. Media yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu anaysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Permainan ‘Pekerja Aljabar’ ini adalah permainan edukasi materi aljabar bergenre adventure yang di setiap levelnya pemain diminta untuk menyelesaikan soal-soal operasi aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII D SMP Negeri 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi media permainan untuk ahli materi, ahli media, dan dua guru matematika SMP N 2 Yogyakarta untuk mengetahui kualitas permainan, serta lembar minat siswa untuk mengetahui minat terhadap permainan edukasi ‘Pekerja Aljabar’ sebagai media pembelajaran. Penilaian oleh ahli materi diperoleh skor empiris 104, rerata ideal 81 dan simpangan baku ideal 18 dengan kriteria media pembelajaran pada kualitas baik dan layak digunakan. Penilaian oleh ahli media diperoleh empiris 85, rerata ideal 72 dan simpangan baku ideal 16 dengan kriteria baik dan layak digunakan. Penilaian oleh dua guru matematika diperoleh skor empiris 402, rerata ideal 306 dan simpangan baku ideal 68 dengan kriteria baik dan layak digunakan. Minat siswa terhadap media diperoleh skor empiris 3404, rerata ideal 2592 dan simpangan baku 576 dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa permainan edukasi “Pekerja Aljabar” mempunyai kualitas yang baik dan layak sebagai media pembelajaran, dan minat siswa belajar menggunakan media ini adalah baik. Kata kunci: Permainan edukasi, media pembelajaran, materi aljabar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39639

Actions (login required)

View Item View Item