LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD 1 SEDAYU

Ristina Dwi Utami, Ristina Dwi Utami (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD 1 SEDAYU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISTINA DWI UTAMI (101).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Strata Satu (S1). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari di kampus ke dalam kehidupan nyata di masyarakat, dalam hal ini sasarannya adalah lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal. Program Praktik Pengajaran Lapangan yang dilaksanakan pada semester khusus tahun ajaran 2014/2015 untuk program studi kependidikan dipadukan dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Adapun tempat yang digunakan untuk melaksanakan PPL adalah dimana mahasiswa melaksanakan KKN yakni sekolah atau lembaga lainnya. Dalam kesempatan ini penyusun melaksanakan kegiatan Praktik Pengajaran Lapangan di SD 1 Sedayu, yang beralamat Sundi Lor, Argorejo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, dimana sejak tanggal 2 Juli 2014 mahasiswa juga melakukan kegiatan KKN. Program PPL yang telah dilaksanakan yaitu membuat persiapan mengajar yang meliputi pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), konsultasi persiapan mengajar, pengisian buku program kerja, pelaksanaan praktik mengajar, konsultasi pelaksanaan mengajar sampai dengan penilaian, dan evaluasi materi pengajaran. .Secara umum pelaksanaan program kerja kegiatan PPL terlaksana dengan baik dan lancar. Keberhasilan dari program-program yang telah terlaksana merupakan keberhasilan semua pihak. Dalam pelaksanaan PPL masih terdapat beberapa hambatan, namun hambatan yang utama yaitu kurang lengkapnya media pembelajaran untuk pelaksanaan praktik. Dengan adanya hambatan tersebut, maka dalam pelaksanaannya menggunakan media seadanya dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Semoga pihak-pihak yang terkait dapat memberikan tanggapan yang positif terhadap dunia pendidikan untuk kecerdasan bangsa dan demi kemajuan negara Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:44
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39630

Actions (login required)

View Item View Item