PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MENGELAS DENGAN PROSES LAS BUSUR METAL MANUAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITALDI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO

Samsul Dwi , Laksono (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MENGELAS DENGAN PROSES LAS BUSUR METAL MANUAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITALDI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
THE_IMPROVEMENT_OF_LEARNING_QUALITY_OF_WELDING_COMPETENCE_STANDARD_ON_MANUAL_METAL_ARC_PROCESS_USING_DIGITAL_INSTRUCTIONAL_MEDIA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bagaimana meningkatkan keaktifan siswa menggunakan media pembelajaran digital program Adobe Professional Flash cs3 selama proses pembelajaran standar kompetensi mengelas dengan proses las busur metal manual di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo, (2) mengetahui prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital program Adobe Professional Flash cs3 pada standar kompetensi mengelas dengan proses las busur metal manual di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali putaran (siklus). Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian 32 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Data tentang keaktifan siswa diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat keaktifan siswa pada setiap siklus. Data tentang prestasi belajar diperoleh melalui ujian dan dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran standar kompetensi mengelas dengan proses las busur metal manual dengan menggunakan media digital program Adobe Professional Flash cs3 dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran, dengan peningkatan skor rata-rata keaktifan: 2,5 (kurang) pada siklus I, menjadi 3,25 (cukup baik) pada siklus II, dan 3,75 (baik) pada siklus III. Peningkatan nilai rata-rata kelas: 73,0 pada siklus I dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70,0 sebanyak 5 siswa (15,62%), menjadi 81,0 pada siklus II dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70,0 sebanyak 3 siswa (9,37%), dan 82,6 pada siklus III dengan tidak terdapat lagi siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70,0.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item