PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Ermitasari, Ermitasari and Hernawati, Kuswari (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
SKRIPSI-ERMITASARI-09301241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran matematika belum banyak dilakukan di beberapa sekolah tingkat SMP sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran dalam mendukung pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan konteksual pada materi garis dan sudut, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan dan 3) mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa CD pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP. Langkah pengembangan media ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek uji coba penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII SMP N 1 Minggir dan 4 guru matematika di SMP tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) pengembangan media dengan lima tahap pengembangan. Tahap pertama adalah analisis, meliputi analisis karakteristik siswa, situasi sekolah, kurikulum, dan media. Tahap kedua adalah peranca ngan media, meliputi pembuatan garis-garis besar isi media, susunan materi, jabaran materi, struktur isi media, storyboard dan pembuatan instrumen penelitian. Tahap ketiga melakukan pembuatan produk media pembelajaran berdasarkan rancangan yang telah dibuat dan dikembangkan sesuai saran dari ahli. Tahap keempat, uji coba produk dilakukan kepada 32 siswa dan 4 guru matematika. Tahap kelima, evaluasi dari hasil uji coba. (2) Kualitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif mencapai kualitas “Baik”. (3) Respon siswa terhadap media “Baik” dengan skor rata-rata 4,7 dan respon guru “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,5. Kata kunci : media pembelajaran, multimedia interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39626

Actions (login required)

View Item View Item